Mushola Al-Hikmah (Kultum Ramadhan)

Sebagai mana pada hari-hari lain di bulan ramadhan ini, Kamis, 23 Juni 2016 tepatnya menjelang waktu Sholat Zuhur,  Musholla Al-Hikmah Pengadilan Agama Muara Enim nampak riuh ramai para pegawai PA Muara Enim yang hendak menjalankan ibadah sholat berjamaah. Sekilas memang tampak sama, namun ada yang spesial pada siang hari yang terik itu, yakni menyangkut siapa yang akan memberikan Kultum (kuliah tujuh menit) selepas sholat zuhur.

Setelah Ramadhan telah memasuki hari ke-17, tibalah saatnya giliran untaz Ahmad Marzuki, S.Ag (Wapan PA Muara Enim) untuk menyampaikan kultum ramadhan. Sebagai mana para pemberi kultum sebelumnya, ustaz Mar (sapaan akrab Ahmad Marzuki) kembali mengingatkan kepada seluruh jamaah agar senantiasa memperbanyak amalan-amalan di bulan suci ramadhan ini. Selain itu, ada amalan yang tampak remeh-temeh namun sebenarnya sangat penting untuk selalu dibudayakan oleh ummat Islam, yakni amalah bersedekah, atau diistilahkan oleh Ustaz Mar menjadi Sodaqoh.

Sodaqoh ini adalah satu di antara tiga amalan Anak Adam yang tidak akan terputus meskipun telah meninggal dunia, yaitu Ilmu yang bermanfaat, Amal jariyah atau sedekah dan juga doa anak yang soleh-solehan yang berbakti kepada kedua orang tuanya. "untuk itu, marilah melalui momentum bulan suci ramadhan ini kita budayakan sodaqoh, minimal dengan memberikan senyum kepada semua orang, karena senyum adalah sodaqoh yang paling mudah", tekan ustaz asal Belitung itu.

 

 

Pa muara enim, Pengadilan agama, Sumatera selatan

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 0 0 5 9
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
7
39
10059
0
959
1368
10059
IP Anda : 54.224.235.183
2018-06-19 06:07