Deiyai, Kamis (25/04/2019) Pengadilan Agama Paniai mengadakan Sidang di luar Gedung Pengadilan / Sidang keliling yang pelaksanaannya bertempat di salah satu yurisdiksi Pengadilan Agama Paniai yakni di Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Paniai untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Berdasarkan Surat Keputusan Wakil Ketua Pengadilan Agama Paniai Nomor : W25-A12/ 129/KP.01.1/4/2019 tanggal 23 April 2019 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Sidang Keliling Tahun Angaran 2019, tim yang terdiri dari Abdul Hakim, S.Ag., S.H., Baso Abbas Mulyadi, S.H.I., Husnul Ma’arif, S.H.I. (masing-masing sebagai hakim tunggal), Markisa, S.H.I. dan Ahmad Rifqi, S.H.I. sebagai Panitera Pengganti, Rustam Lengkas, S.H.I. dan Suriakencana, S.E. sebagai jurusita serta dibantu oleh seorang admin dan driver. Pelaksanaan Sidang keliling dijadwalkan pada hari Kamis, tanggal 25 April 2019 pukul 09.00 WIT bertempat di gedung SD Yapis Waghete, Kabupaten Deiyai.

Untuk tahun ini pelaksanaan sidang keliling, tidak banyak perkara yang ditangani yaitu ada 3 perkara Istbat Nikah, hal ini disebabkan karena rendahnya minat masyarakat dalam hal pengurusan hak dan kewajibannya terkait administrasi kependudukan disertai belum banyak yang mengetahui informasi tentang sidang keliling ini. Diharapkan untuk kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan dengan adanya pelayanan sidang keliling yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Paniai.

Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling persis seperti pada sidang di kantor Pengadin Agama, sidang dimulai jam 09.00, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian.

Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang keliling, bahwa pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Paniai. Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak. (Ahmad Rifqi).

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

3 1 6 0 3
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
61
59
31603
0
2552
3084
31603
IP Anda : 3.85.10.62
2019-06-18 22:17